GuidePedia

0
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan sebagai sesama anggota ASEAN, Indonesia dan Brunei memiliki banyak kesamaan dan kedekatan baik itu secara geografis, maupun kesamaan bahasa, budaya dan agama. Keduanya menghadapi tantangan dan pekerjaan rumah yang sama, yaitu pembangunan infrastuktur, peningkatan daya saing, khususnya sumber daya manusia guna menghadapi persaingan global. Demikian disampaikan, saat memberikan sambutan pada jamuan makan malam, menyambut kunjungan delegasi dagang dari Brunei Darussalam di Gedung Auditorium, Kementerian PUPR (20/10).
Indonesia saat ini telah memiliki banyak ahli dalam bidang jasa konstruksi. Jenis keahlian tersebut antara lain : ahli jalan dan jembatan bentang panjang, ahli bendungan besar (Large Dam), ahli bangunan tinggi, ahli bangunan tahan gempa, dan berbagai macam keahlian lainnya termasuk ahli beton precast. Beberapa Badan Usaha Konstruksi Indonesia telah memiliki pabrik beton precast, bahkan PT. Wijaya Karya bekerjasama dengan Jepang (COJAAL) telah membangun pabrik beton di Aljazair untuk melayani kebutuhan pasar beton Afrika Utara dan timur Tengah.
“Pekerjaan rumahnya sama yakni pembangunan infrastuktur, dengan tenaga ahli dan terampil yang berkompeten. Tidak ada salahnya, agar pelaku usaha dapat menjadikan Brunei sebagai negara tujuan ekspor konstruksi.” ungkap, Basuki Hadimuljono.
Beliau juga menambahkan, tidak hanya saling bekerja sama antar pekerja konstruksi Indonesia dan Brunei Darussalam, kami berusaha memfasilitasi para pengusaha konstruksi di Brunei untuk mencari mitra, agar “berjodoh” dengan para pelaku usaha konstruksi Indonesia sehingga dapat saling melengkapi dan memberikan keuntungan satu sama lain juga dapat berpartisipasi dalam pembangunan proyek-proyek infrastuktur di Brunei.
Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Madya Kementerian Pekejaan Umum dan Perumahaan Rakyat, Wakil Dubes Brunei Darussalam untuk Indonesia, Ketua KADIN, perwakilan Kementerian Luar Negeri dan para pelaku usaha jasa konstruksi di Indonesia. (BKon)

Post a Comment

 
Top