GuidePedia

0
Presiden Joko Widodo mencanangkan Kawasan Bahari Terpadu Mandeh sebagai tujuan wisata pantai di Sumatera Barat hari ini Sabtu (10/10) . Pencanangan itu ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Presiden Jokowi disaksikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono,Menteri Pariwisata, Arif Yahya, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, pejabat Gubernur Sumbar Roy Donizar Moeneh serta Ketua Tim Pengarah Wisata, Andrinof Chaniago.
Dalam pengarahannya Jokowi meminta Kementerian PUPR untuk segera menyelesaikan jalan akses menuju kawasan wisata Mandeh sejauh 40 km dalam tempo 2 tahun.  Selain itu, Jokowi juga meminta Bupati Pesisir Selatan bersama masyarakat setempat untuk komitnen menjaga kebersihan/ keasrian lingkungan sekitar wisata.
Presiden berharap agar promosi kawasan wisata Mandeh dibuat satu paket bersamaan dengan wisata Kota Pusaka dan Wisata Bukittinggi. pasalnya, bila promosi dibuat satu paket hasilnya akan jauh lebih menarik wisatawan.
"Saya ingin model publikasi wisata bisa dibuat satu paket. Hasil nya nanti pasti jauh kebih baik lagi,"  ungkap presiden.
Menteri PUPR dalam menyikapi permintaan Presiden terkait jalan akses Padang- Painan (40 km) menjawab pihaknya akan menyelesaikannya dengan tepat waktu.
Sementara itu, Kepala Balai Besar  Pelaksanaan Jalan Nasional V (BPJN ) menegaskan dibutuhkan dana sekitar Rp 500 miliar untuk merampungkan jalan akses sejauh 40 km.  Saat ini tengah dilakukan pembukaan jalan sepanjang 4.125 km. Kondisi jalan masih berupa tanah dan akan selesai akhir tahun ini.
Menurutnya, pekerjaan pembukaan jalan  proyek ini dilakukan September lalu dengan dana sekitar Rp 11  miliar. Pekerjaan pengaspalan akan memanfaatkan APBN 2016, sekaligus melaksanakan permintaan Presiden, yang ingin agar Tahun 2017 jalan akses ini rampung.
Menurut Kepala Satker BPJN Wilayah I Sumbar, Dahler yang turut dalam acara pencanangan Wisata Bahari Mandeh menyatakan, jalan akses merupakan dukungan guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas Padang - Painan saat musim liburan tiba. Pada hari libur biasa para turis menuju wisata bahari Pesisir Selatan yang akan berwisata di Mandeh.
Jalan akses sangat penting karena mampu menunjang pengembangan kawasan Pariwisata  selaligus memberikan pendapatan kas Provinsi Sumbar lebih khisusnya bagi Kabupaten Pesisir Selatan . (Sony)
foto : setkab.go.id

Post a Comment

 
Top