GuidePedia

0
Memastikan proyek infrastruktur yang sudah dicanangkan dilaksanakan dilapangan, menjadi keharusan bagi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Setelah Senin lalu, melihat progres pekerjaan pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Rabu (14/10) bertepatan dengan hari libur Tahun Baru Hijriah, Menteri Basuki melihat langsung progres pekerjaan renovasi Istana Bogor, perkuatan tebing Kali Ciliwung yang melintasi Kebun Raya Bogor dan revitalisasi 6 buah embung yang ada dilingkungan Istana Bogor. Beberapa pejabat ikut serta dalam kunjungan tersebut yakni Direktur Sungai dan Pantai Hari Suprayogi, Kepala Pusat Bendungan Imam Santoso, Direktur Bina Penataan Bangunan Adjar Prajudi dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane T. Iskandar. 
Dalam kunjungannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan proses pengerjaan embung-embung yang ada di lingkungan Istana Bogor ini sudah cukup baik, namun dalam pengerjaannya jangan biasa-biasa saja harus mempunyai spesifikasi yang tinggi dalam pengerjaannya. Pembangunan embung-embung tersebut berfungsi sebagai konservasi air.
Enam embung tersebut merupakan proyek strategis bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR yang ada dilingkungan Istana Bogor. Sebanyak 2 buah Embung yang disebut Embung 1 dan Embung 2 dan berada di depan sebelah kiri Istana sudah selesai, 3 buah Embung lainnya yang disebut Embung 3, Embung 4 dan Embung 5 dan posisinya berada di kanan dan belakang Istana sudah selesai 90%, serta satu embung baru yang berada di depan Istana, dekat jalan raya Ir.H. Juanda progresnya mencapai 30%.
Luasan keenam embung sangat beragam, 2 buah embung yang sudah selesai masing-masing memiliki luasan kurang lebih 1.000m2 dengan kapasitas tampung sebanyak 905 m3 dan 973 m3. Sementara 3 buah embung lainnya memiliki luas berbeda masing-masing yakni Embung 3 seluas 262m2 dengan kapasitas 235 m3, Embung 4 seluas 1.294m2 dengan kapasitas 1.164 m3, dan Embung 5 memiliki luas 1.354m2 dengan kapasitas 1.488 m3. Embung terkecil yakni Embung 6 memiliki luas 66 m2 dengan kapasitas 46 m3.
Menteri Basuki juga berkesempatan meninjau renovasi gedung sayap kiri Istana Kepresidenan dan dilanjutkan untuk meninjau proyek perkuatan tebing Kali Ciliwung sepanjang 242 m, yang membelah Kebun Raya Bogor dimana progres pekerjaanya sudah mencapai 80%, menyisakan pekerjaan finishing, pemasangan groundsill untuk mencegah penurunan dasar sungai. (iwn)

Post a Comment

 
Top