GuidePedia

0

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian PUPR mengadakan Sinkronisasi Penyelenggaraan Diklat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun 2015. Dalam sambutannya Kepala BPSDM Anita Firmanti menyampaikan perlunya dilakukan sikronisasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan karena sumber daya manusia.
“Sinkronisasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan karena sumber daya manusia merupakan faktor penentu bagi keberhasilan suatu negara, dan sumber daya manusia ini menentukan kekompetitifan suatu  negara,” tutur Anita (19/08).
Lebih lanjut Anita Firmanti mengatakan, Sumber daya Manusia adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di dalam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.
Pada bagian lain Anita mengatakan bahwa, peran Widya Iswara itu sangat penting karena yang menyampaikan materi proses belajar mengajar.
“Secara otomatis kalau Widya Iswaranya itu menentukan dalam proses peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)”, katanya.
Hadirnya BPSDM Kementerian PUPR pada era pembangunan 5 tahun saat ini dilandasi pentingnya sumber daya manusia bagi keberhasilan pembangunan,  khususnya pembangunan infrastruktur dan perlunya kesadaran pelayanan publik bagi ASN sebagai komitmen Kementerian PUPR dalam menerapkan UU ASN No. 5 Tahun 2015.
Saat ini pegawai Kementerian PUPR berjumlah 21,468 orang  dan mayoritas sudah berusia diatas 40 tahun. Dengan tugas yang terus meningkat sedangkan SDM cenderung terus menurun, diperlukan upaya-upaya terstruktur dan strategis dalam bentuk kebijakan yang implementatif untuk mengembangkan SDM PUPR sesuai kompetensi yang diperlukan dalam pembangunan. Implementasi dari kebijakan tersebut memerlukan tindakan sinergis semua pihak sesuai dengan bagi peran yang telah ditetapkan.
Dalam acara ini juga diselenggarakan diskusi sumbang saran pelaksanaan diklat di lingkungan Kementerian PUPR dengan narasumber Lana Winayanti, Nana Rukmana, dan Ismanto. (Do/Ret/Iwn)
Tag :

Post a Comment

 
Top