GuidePedia

0
Komisi V DPR RI melakukan kunker spesifik ke Papua mulai 1 – 3 Oktober 2015. Kegiatan tersebut dalam rangka konektivitas transportasi laut di Kabupaten Sorong dan Kota Sorong. Setibanya di Tanah Papua, rombongan langsung melakukan peninjauan Jalan Akses  Nasional Sorong melewati Ruas Sorong - Aimas menuju Pelabuhan Arar. Panjang jalan tersebut mencapai 17,6 km dengan progres jalan yang sudah ditingkatkan sepanjang 6,3 km terdiri dari pelapisan aspal 5,1 km dan rigid 1,2 km. Adapun sisa jalan sepanjang 11,09 km belum ditingkatkan masih dalam tahap perkerasan.
Informasi dari Balai Bina Pelaksanan Jalan Nasional X, pada tahun 2010 ruas jalan nasional Sorong memiliki panjang 108 km (Kota Sorong - batas Kab. Sorong Selatan). Sedangkan, pada tahun 2015 bertambah 123,6 km dengan empat ruas yaitu Ruas Sorong - Arar sepanjang 17,6 km, Ruas Sorong - Makbun sepanjang 36 km, Ruas Makbun - Mega sepanjang 64 km, dan Ruas Waisai - Bandara Raja Ampat sepanjang 6 km. Sehingga total dari keseluruhan dari Jalan Nasional Sorong saat ini sepanjang 231,6 km.
Rombongan Komisi V DPR RI dipimpin oleh Michael Wattimena dan didampingi pejabat dri Kementerian PUPR antara lain SAMPUPR Bidang Ekonomi dan Investasi  Rido M. Ichwan, Kepala BBPJN X Osman Marbun, Sesditjen Penyediaan Perumahan beserta mitra komisi V dari Kementerian/Lembaga yang lain.
Rombongan juga melakukan peninjauan ke sejumlah rumah yang terkena dampak bencana gempa di Kelurahan Warmon, Distrik Aimas, Kab. Sorong. Dalam kesempatan ini pihak Komisi V DPR RI diwakili ketua rombongan memberikan bantuan kepada korban bencana sekaligus mendatangi posko tanggap darurat bencana alam di Kab. Sorong dan di kota Sorong.
Pemerintah daerah Kota Sorong sedang melakukan verifikasi terkait rumah masyarakat yang terkena dampak bencana gempa yang selanjutnya akan diserahkan kepada Kementerian PUPR untuk segera ditindaklanjuti. Menurut SAMPUPR bidang ekonomi dan investasi,  Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan BNPB, Kemensos, dan K/L tetkait mengenai metode-metode yang akan dilaksanakan dan diusahakan pada tahun ini bisa berjalan. (amunk)

Post a Comment

 
Top