GuidePedia

0
Penggunaan tekonologi tepat guna menjadi salah satu program yang diterapkan di bidang konstruksi sesuai dengan paparan Direktur Jenderal Bina Konstruksi, Yusid Toyib dalam konferensi Construction Tech Indo (3/11). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan hal ini, salah satunya tercantum dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi yang saat ini sedang direvisi.
Dalam paparannya, Yusid menekankan bahwa penggunaan tekonologi yang digunakan pada konstruksi harus aman, berkualitas, produktif, berkelanjutan, dan kompetitif. “Jadi teknologi tepat guna itu harus padat karya, hemat sumber daya, mudah dirawat, dan juga polusi minimal.”, kata Yusid.
Teknologi yang digunakan untuk pembangunan konstruksi di Indonesia diharuskan memiliki kriteria yang mendukung keselamatan dan kesehatan kerja proyek konstruksi. Beberapa hasil dari pengembangan teknologi tepat guna sudah tersebar di Indonesia seperti pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) dan juga pembuatan beton pracetak.
Menghadapi permasalahan pembangunan konstruksi di Indonesia, pemerintah harus menggunakan perencanaan yang tepat bagi pembangunan. Permasalahan yang sering muncul dalam pembangunan konstruksi yaitu ketersediaan sumber daya standar yang terbatas di beberapa daerah. Pemerintah terus mengembangkan teknologi untuk bidang konstruksi salah satunya dengan menggunakan sumber daya lokal yang tersedia di wilayah pembangunan.
Strategi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi untuk menerapkan teknologi tepat guna adalah utilisasi produk dalam negeri. Selain mengembangkan teknologi dalam negeri, pemerintah juga menggunakan teknologi konstruksi yang paling efektif dan efisien.
Construsction Tech Indo merupakan salah satu acara rangkaian dari Konstruksi Indonesia 2015. Acara Konstruksi Indonesia yang diadakan menjelang Hari Bakti Kementerian PUPR dilaksanakan pada 3-6 November 2015 di Jakarta Convention Center. Dengan adanya Konstruksi Indonesia diharapkan masyarakat konstruksi dapat memperbaharui pengetahuan mengenai teknologi terbaru bidang konstruksi. (kompuDJBK)

Post a Comment

 
Top