GuidePedia

0
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya selalu mempersiapkan diri untuk tanggap dan siaga menghadapi bencana alam yang terjadi di negara kita akhir-akhir ini. 
Hal tersebut diutarakan oleh Sekretaris Ditjen Cipta Karya, Rina Agustin Indriani saat menjadi narasumber Program Dialog Interaktif Sebaiknya Anda Tahu, yang disiarkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI), Jakarta, Jumat (20/11/2015). Rina menjelaskan, Ditjen Cipta Karya melakukan persiapan kegiatan antisipasi menghadapi bencana, diantaranya, pengamanan bangunan pengambilan sumber air baku, yaitu memantau debit air sungai, memeriksa kondisi pompa air baku dan pengaman, dan kondisi sumber daya listrik/genset
Selain itu, juga dilakukan pengamanan jaringan pipa transmisi air bersih, yaitu dengan memeriksa kondisi jaringan pipa transmisi dan pengaman atau kelengkapan pipa transmisi. Lalu pengamanan jaringan pipa distribusi air bersih, yaitu memeriksa kondisi jaringan pipa distribusi, dan pengamanan  atau kelengkapan jaringan pipa distribusi, serta memeriksa kondisi pompa distribusi.
Selain itu juga dilakukan penyiapan tempat relokasi pengungsi, diantaranya memeriksa kondisi lahan relokasi, menyiapkan peralatan hunian sementara dan pemenuhan kebutuhan dasar air bersih dan sanitasi. Dan terakhir, persiapan barang dan peralatan penanggulangan darurat bencana, seperti mobil tangki air, IPA mobile, toilet mobile, hidran umum, dump truck, pompa air, dan genset.
“Mobilisasi bantuan tersebut selalu kami koordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Seperti pada aksi-aksi tanggap darurat bencana sebelumnya,” ungkap Rina.
Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo yang turut hadir dalam program tersebut, mengapresiasi langkah Kementerian PUPR serta menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. "Bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi bencana juga merupakan tanggung jawab pemerintah daerah, swasta dan masyarakat. Bencana terjadi pada masyarakat yang tidak siap, kalau tidak mau terkena bencana maka masyarakat harus siap,” ujar Sutopo.(datin ck)

Post a Comment

 
Top