GuidePedia

0
Menyambut Hari Bakti PU ke-70 dan mendukung Revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) , Dharma Wanita Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan aksi penanaman Pohon Kemiri Sunan di area Situ Gedong, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (28/11).  Kegiatan penanaman pohon dimulai pagi hari dipimpin oleh Penasehat Dharma Wanita Kementerian PUPR, Ibu Kartika Basuki Hadimuljono dan juga dihadiri oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, T. Iskandar.
GN-KPA diperlukan sebagai upaya bersama mengembalikan keseimbangan siklus hidrologi pada daerah aliran sungai. Dengan demikian keandalan sumber-sumber air baik kualitas, kuantitas dan kontinuitasnya dapat dicapai melalui program pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta keterlibatan dunia usaha dan peran serta masyarakat.
Revitalisasi GN-KPA sendiri telah disepakati oleh delapan kementerian tahun ini diantaranya Kementerian PUPR, Kementerian Dalam Negeri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup oleh Menteri Dalam Negeri Ibu Siti Nurbaya, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 
Sasaran revitalisasi GN-KPA meliputi 108 Daerah Aliran Sungai (das), 15 danau dan 29 bendungan prioritas.
Revitalisasi GN-KPA menitikberatkan pada enam kelompok kegiatan diantaranya penataan ruang, penataan pembangunan fisik, penataan pertanahan dan penataan kependudukan. Kemudian konservasi tanah dan air serta konservasi sumber daya air.
Lalu, pengendalian daya rusak air, pengelolaan kualitas dan pengendalian pencemaran air, penghematan penggunaan dan pengelolaan permintaan air serta pendayagunaan sumber daya air. (gt)

Post a Comment

 
Top