GuidePedia

0
Dunia semakin urban. Saat ini, lebih dari separuh populasi penduduk di Asia Pasifik tinggal di Kota dan diperkirakan jumlahnya akan cepat bertambah. Kota-kota di Asia Pasifik juga menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dimana 80 persen produk domestic bruto dihasilkan dari kota. Namun pertumbuhan ekonomi belum dinikmati oleh semua warga kota. Meski secara umum urbanisasi berperan dalam pertumbuhan kota, namun kemiskinan perkotaan masih menjadi isu utama perkotaan.
Demikian disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam sambutan pembukaan The Sixth Asia Pacific Urban Forum (APUF 6) yang akan berlangsung 19-20 Oktober 2015 dan dihadiri oleh stakeholder perkotaan negara-negara Asia Pasifik, UN Habitat, UN-ESCAP dan lembaga internasional dibidang pembangunan perkotaan di Jakarta (19/10). “Acara ini menjadi salah satu pertemuan penting para stakeholder membahas isu utama dan tantangann pembangunan perkotaan menuju kota yang berkelanjutan untuk semua”kata Basuki. Sebelumnya Mary Jane Ortega APUF 6 Chair dan Shamshad Akhtar selaku Executive Secretary of ESCAP menyampaikan pidatonya.
Lebih lanjut Menteri Basuki mengatakan masih banyak kota di Asia Pasifik mengalami masalah buruknya kualitas sanitasi dan air bersih, pelayanan transportasi publik yang tidak memadai serta permasalahan banjir dan polusi yang mengakibatkan penurunan kualitas lingkungan.
Perubahan iklim, peperangan dan berbagai konflik yang terjadi juga berpengaruh terhadap kota. Peperangan mengakibatkan pengungsian menuju ke kota-kota yang lebih aman. Sementara itu juga banyak kota yang tidak siap menghadapi perubahan iklim, terutama kota-kota pantai dan pulau kecil di Asia Pasifik.
Tantangan lain yang dihadapi kota dari pengaruh regional dan global adalah tenaga kerja asing, pemekaran kota, kompetisi yang ketat diantara sesama warga kota dan kriminalitas. Oleh karena menciptakan kota yang aman menjadi tujuan fundamental agar aktivitas di perkotaan berjalan. Kota harus dibangun inklusif, memenuhi kebutuhan dan kenyamanan anak-anak, anak muda dan perempuan. Karena kebijakan pembangunan kota harus menjadi bagian dari kebijakan nasional.
Menteri Basuki berharap para peserta APUF 6 dapat mencapai suatu hasil dalam menyiapkan suara Asia Pasifik dalam penyusunan agenda baru perkotaan. Tidak ketinggalan, Menteri Basuki juga mempromosikan kepada para peserta asing untuk menikmati kota Jakarta dan mencicipi kuliner khas Indonesia. (gus)    

Post a Comment

 
Top