GuidePedia

0

Karya rancang bangun stand pameran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) seringkali menyabet penghargaan pada berbagai ajang pameran baik di dalam maupun luar negeri. Pada ajang Pameran Nasional Potensi Daerah dalam rangka Acara Puncak Sail Tomini 2015 yang dibuka Presiden Joko Widodo sabtu lalu di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, stand pameran dari Kementerian PUPR mendapatkan penghargaan Terbaik ke-2. Piagam Penghargaan ditandatangani oleh Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Pradnyawati. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga berkesempatan mengunjungi ke stand pameran PUPR.
“Kita masih mendapat juara. Meski bukan juara pertama. Setidaknya bisa mengobati keletihan dari para crew  atau  staf yang telah bekerja masksimal dalam mempersiapkan anjungan kita,” tutur Adjar Prayudi, Direktur Penataan Bangunan dan Kawasan Lingkungan, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, usai mengikuti acara puncak Sail Tomini 2015 di lokasi acara Desa Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Propinsi Sulteng.
Stand pemeran Kementerian PUPR menampilkan beragam informasi pembangunan infrastruktur PUPR termasuk dukungan infrastruktur untuk kegiatan Sail Tomini 2015. Infrastruktur yang dibangun diantaranya pelataran acara puncak Sail Tomini berikut Ruang Terbuka Hijau, membangun prasarana air limbah, sanitasi, prasarana persampahan dan membangun sistem drainase primer sepanjang 595 meter.
Selain itu, dibangun Sistem Penyediaan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM-IKK) khusus untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan jaringan pipa distribusi. Ditambah lagi dengan pembangunan infrastruktur kawasan kumuh di kawasan Bambalemo, Bantaya, Kampel, Lebo, Maesa, dan Masigi.
“Sasaran kami adalah untuk memberikan pelayanan Air Minum kepada 1.600 Sambungan Rumah di Kecamatan Parigi Tengah dan Parigi Utara. Kapasitas volume yang kami buat sebesar 30 liter/detik dan cukup untuk memenuhi kebutuhan air sebanyak 8000 jiwa,” tambah Adjar. 
Selain itu Ditjen Sumber Daya Air, Kemen PUPR juga melakukan pembangunan tanggul pengaman Pantai Parigi. Begitu pula Ditjen Bina Marga yang juga turut andil dalam pergantian Jembatan Dogala dan peningkatan/pelebaran jalan serta pengaspalan jalan disepanjang jalur menuju Kecamatan Parigi Tengah untuk mendukung dan mensukseskan Sail Tomini 2015.  (Sony)

Post a Comment

 
Top