GuidePedia

0

Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali melakukan terobosan baru. Kali ini, melakukan percepatan perencanaan pembangunan infrastuktur. Terbukti, BPIW kini telah melakukan penajaman pengembangan Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) 2017. Bahkan, rencana pengembangan WPS 2017 tersebut ditargetkan tuntas pada Desember 2015.
Hal itu terungkap dalam rapat kerja Pembahasan Pengembangan WPS 2017 di Kantor BPIW Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, (27/10)
Kepala BPIW Kementerian PUPR, Dr. Ir A. Hermanto Dardak, MS.i mengatakan, WPS 2017 diyakini akan siap sebelum 2015 berakhir. Ia memaparkan, dalam WPS itu terdapat kawasan pengembangan pelabuhan, kawasan strategis pariwisata nasional, pengembangan kawasan industri, pengembangan infrastruktur sumber daya air (SDA) yang mendukung lumbung pangan serta keterpaduan terhadap kota-kota.
“Kebutuhan-kebutuhan untuk pengembangan kawasan dalam WPS tersebut, seperti perencanaan, pemrograman serta penganggaran dalam TA 2017 diharapkan selesai pada Desember mendatang. Saat ini langkah-langkah teknisnya telah selesai dirumuskan,” jelasnya.  
Dardak dalam rapat kerja tersebut mengamanatkan, kinerja intern BPIW dalam setiap produk harus mencerminkan keterpaduan antar sektor. “Hal itu harus menjadi kebiasaan dan tumbuh kuat dalam setiap jiwa di BPIW. Jadi tidak ada ego sektor. Pasalnya, BPIW memang mengemban tugas untuk menciptakan keterpaduan pembangunan infrastuktur PUPR. Jadi keterpaduan perlu diawali dari diri sendiri,” lanjut Dardak.
Sementara itu, Kepala Pusat Pemrograman dan Evaluasi  Keterpaduan Infrastruktur PUPR, Ir. Harris Hasudungan Batubara, M.Eng.Sc mengatakan, perencanaan pengembangan WPS 2017 dibentuk untuk memastikan keterpaduan pembangunan kawasan dalam WPS, keterpaduan antara kawasan dalam WPS, keperpaduan pembangunan antar WPS dan keterpaduan pembangunan secara nasional. 
Menurutnya, hal itu merupakan implementasi dari Renstra BPIW 2015-2019. Saat ini setiap WPS telah dilakukan kajian-kajian secera mendalam. Kemudian, telah ada jadwal waktu untuk menyelesaikan rencana Pengembangan WPS 2017. (ini/nina)

Post a Comment

 
Top